pelangsing tubuh melalui detoxsifikasi

pelangsing tubuh melalui detoxsifikasi

Detox pelangsing tubuh adalah proses pembersihan racun (toxin) dari dalam tubuh yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi system pencernaan dan menstimulasi bagian2 tubuh lain yang tugasnya membersihkan dan menghilangkan racun. Detoxing juga meningkatkan kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh lebih kebal terhadap infeksi. Dengan melakukan detox secara berkala dan teratur, kesehatan kita akan meningkat.
Detox pelangsing tubuh sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Hanya dengan minum air putih minimal 2 liter per hari akan membawa keluar segala macam toxin dari dalam tubuh. Makan buah-buahan dan sayuran segar dengan kadar air yang tinggi, kurangi makan daging merah dan dairy products akan meningkatkan system pencernaan anda. Hindari melakukan diet yang extreme seperti tidak makan sama sekali, makan pil diet yang menyebabkan buang air berlebihan, menurunkan nafsu makan, atau latihan fisik yang berlebihan secara mendadak.
Detoxing juga berarti mengurangi asupan toxin ke dalam tubuh seperti makanan yang diawetkan, gula, kafein, alcohol, rokok dan obat-obatan. Hal yang paling penting untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mengurangi toxin secara alamiah adalah dengan memperhatikan apa yang kita makan dan minum. Pilih makanan/minuman yang segar, tanpa pengawet dan tanpa pewarna. Makanan dan minuman segar merupakan sumber yang kaya dengan antioxidants yang membatu tubuh kita untuk menghilangkan toxin.
EFEK DARI DETOX
Setelah menjalankan proses Detox pelangsing tubuh, kondisi kesehatan kita akan meningkat secara signifikan. Masalah kesehatan seperti flu, demam dan iritasi kulit kadangkala muncul dan harus ditanggapi secara positif, karena ini adalah tanda dari tubuh kita yang sedang “membuang” toxin. Pada tahap awal Detox, kulit kita seringkali menjadi tidak bersinar dan timbul noda, karena tubuh kita sedang membiasakan diri dengan hilangnya toxin dan setelah beberapa saat akan terbiasa dan kulit menjadi lebih bersinar dan berseri.

SIAPA YANG HARUS MENGHINDARI DETOX PELANGSING TUBUH ?
Anak anak dibawah 18 tahun, wanita hamil dan yang sedang menyusui, pasien yang baru sembuh dari penyakit dan lansia diatas umur 65 tahun dianjurkan tidak melakukan Detox. Jika anda mengidap penyakit tertentu atau sedang dalam pengobatan, sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum menjalankan program Detox.

BAGAIMANA TUBUH KITA MEMBUANG RACUN?

Tubuh manusia di rancang untuk mengatasi toxin, merubah dan atau membuangnya secara otomatis. Hati (Liver) adalah organ utama untuk proses Detox. Hati merubah toxin menjadi senyawa tidak berbahaya sehingga mereka dapat “dibuang”dengan aman. Ginjal bertugas menyaring limbah dari darah dan dibuang melalui urine. Usus, lambung dan system pencernaan manusia “menyaring” makanan yang tidak dapat dicerna dan toxin dan mengatur pembuangannya . Paru-paru mengatur pembuangan gas berbahaya seperti carbon dioksida yang dihasilkan oleh sel-sel dan menyaring gas beracun yang kita hirup melalui pernafasan. Kulit menghilangkan toxin melalui keringat dan sebum (minyak kulit) serta dengan melepas sel kulit mati. System kelenjar getah bening (Lymphatic System) membawa limbah yang terlalu besar bagi pembuluh darah ke simpul-simpul kelenjar getah bening (lymph nodes) untuk diproses lebih lanjut pembuangannya oleh Hati melalui pembuluh darah.

EFEK NEGATIF DARI STRESS

Stress memicu system bio chemical tubuh manusia dan mengaktifkan “alarm” tubuh. Kalau stress berkelanjutan dan tidak terkontrol, hormone stress Adrenalin dan Cortisol akan dihasilkan secara berlebihan dan menggangu fungsi kekebalan tubuh dan sirkulasi tubuh. Dengan terganggunya system kekebalan, tubuh kita akan berkurang efisiensinya untuk menghilangkan toxin dan terjadi Toxic Overload.
RADIKAL BEBAS
Radikal bebas adalah molekul yang terbentuk dalam proses COMBUSTION termasuk dalam proses penggorengan/ pemanggangan makanan dan Merokok. Radikal bebas dalam jumlah terbatas juga dihasilkan oleh tubuh dalam proses metabolisme dan berguna untuk melawan bakteri dan virus. Dalam jumlah besar radikal bebas dapat merusak sel, mempercepat proses penuaan, menyebabkan berbagai macam penyakit, dan menyebabkan kolesterol menyumbat arteri. Radikal bebas dapat dinetralisir oleh antioxidants dari makanan sehat yang kita makan. Sumber utama antioxidant didapat dari vitamin A, C dan E serta berbagai mineral seperti selenium, xinc, manganese dan copper. Bioflavonoids – senyawa kimia yang sering kita jumpai di buah jeruk, citrus, Sunkist dll sangat efektif menetralisir radikal bebas.
TOXIN OVERLOAD (Kelebihan Toxin/Racun)
Toxin adalah semua senyawa yang menyebabkan iritasi dan mengganggu system tubuh manusia. Manusia “mendapat” toxin dari lingkungan dengan bernafas, dari makanan maupun dari kontak fisik langsung. Dengan makin modernnya kehidupan sehari hari manusia, setiap hari kita kontak langsung dengan zat2 kimia baru yang lebih canggih, polusi air dan udara, radiasi. Kita menggunakan obat-obat modern, makan lebih banyak gula dan makanan berpengawet dan beralih ke alcohol dan merokok jika sedang stress. Faktor lain seperti kurang tidur, kurang olah raga, kurang udara bersih hingga sikap negative menyebabkan penimbunan toxin dalam tubuh dan menggangu system pembuangannya. Dalam keadaan prima dan system kekebalan yang bekerja dengan baik, tubuh kita dapat menghadapi eksposur toxin sehari hari. Sebaliknya, jika kita mengkonsumsi toxin lebih dari yang dapat kita olah, tubuh kita akan mengalami overload toxin. Jika system pencernaan tidak berfungsi semestinya, akan terjadi pertumbuhan bakteri merugikan dalam perut yang berlebihan dan menyebabkan penimbunan toxin. Fungsi hati dan paru paru yang kurang optimal, pori pori kulit yang tersumbat akan menambah penimbunan toxin dalam tubuh.
TANDA-TANDA DARI OVERLOAD TOXIN
Kulit yang terlalu kering dan bermasalah, sering merasa pusing, infeksi jamur, sering merasa cepat lelah, masalah dengan persendian, alergi, perut kembung mungkin merupakan signal yang dikirim oleh tubuh kita bahwa level toxin sudah mencapai level yang berlebihan dan tubuh sudah membutuhkan pembersihan. Signal-signal ini mungkin biasanya terjadi setelah kita mengkonsumsi makanan tertentu karena pencernaan kita gagal melakukan tugasnya dengan baik. Kecanduan makanan tertentu dan pusing2 setelah diet tertentu juga merupakan signal bahwa tubuh kita sudah tidak punya toleransi terhadap makanan tertentu. Jenis makanan yang paling sering menimbulkan masalah adalah produk dari tepung gandum, produk susu sapi, buah2an citrus/jeruk, produk kacang kedele, kopi, teh, kacang dan soft drinks.
MANFAAT DARI DETOX
Detox akan meningkatkan penampilan kita secara menyeluruh, menormalkan pola tidur dan meningkatkan keadaan emosional kita. Detox juga meningkatkan vitalitas, kesehatan dan seringkali menurunkan berat badan yang berlebihan.
Meningkatkan Penampilan
Selain membuat penampilan kita lebih bersinar, Detox yang dibarengi dengan pola makan yang benar dan therapy badan (seperti massage) juga mengurangi gemuk air, melangsingkan tubuh dan menyehatkan otot otot. Efek dari semua ini, kulit kita juga akan lebih cerah bersinar karena semua system di dalam tubuh kita menjadi sangat sehat. Kulit akan menjadi lebih lembab, kenyal, lembut, terang bersinar dan demikian pula halnya dengan kuku dan rambut yang juga akan menjadi lebih sehat. Lingkaran hitam di sekitar mata akan hilang dengan sendirinya, bahkan mata pun akan menjadi lebih terang bersinar. Gigi akan menjadi lebih sehat dan bersih setelah kita menghindari tannin yang banyak dijumpai pada the, kopi dan pewarna makanan.
Kesehatan yang lebih prima
Detox meningkatkan system kekebalan tubuh kita dengan meningkatkan jumlah antioxidants yang berfungsi memerangi infeksi dan penyakit. Sebagai hasilnya, kita akan jarang flu, batuk/pilek dan sakit kepala. Banyak orang yang alergi terhadap makanan tertentu, tanpa mereka sadari, terbebas dari berbagai masalah seperti gatal gatal, eksim, keram perut, diarea dan berbagai masalah lainnya karena secara “tidak sengaja” telah dihilangkan dari pola makan mereka.
Pola tidur yang sehat
Detox juga membantu kita untuk dapat tidur lebih nyenyak, teratur dan sehat dengan menghilangkan factor-faktor yang menyebabkan susah tidur. Banyak orang minum alcohol dan obat tidur agar mereka mudah tidur, tetapi sebenarnya alcohol dan obat2an ini adalah stimulants seperti kafein dan rokok sehingga dapat mengganggu tidur kita. Latihan olah raga ringan, seperti jalan cepat, akan membantu kita untuk dapat tidur lebih nyenyak. Latihan relaksasi dan Aromatherapy juga dapat membantu kita untuk tidur lebih berkualitas.
Memperbaiki Mood dan Inner Harmony
Belajar menghilangkan pikiran negative juga akan meningkatkan penampilan kesehatan seseorang. Research para ahli menunjukan bahwa Optimisme dan Kebahagian berhubungan erat sekali dengan Kesehatan, Mood yang baik dan kemampuan tubuh kita untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Pola makan yang sehat akan membuat kadar gula kita menjadi stabil yang hasilnya akan membuat mood kita menjadi stabil, dan memudahkan untuk merasa relax dan mengatasi stress. Latihan Meditasi dan Visualisasi juga akan men-Detox pikiran kita. Bagi para pemula ini dapat dilakukan dengan berdoa dan membayangkan hal/gambaran yang indah-indah dan menyenangkan.
Penurunan Berat Badan
Bagi mereka yang memiliki pola makan tidak sehat dengan ribuan kalori penuh dengan lemak, gula dan makanan tidak sehat lainnya, akan mengalami penurunan berat badan dengan mengikuti program Detox. Sesungguhnya, penurunan berat badan hanyalah merupakan bonus, bukan tujuan utama dari Detox. Usahakan untuk tidak menimbang berat badan anda sebelum melakukan Detox, karena jika penurunan berat badan tidak terjadi, anda akan kehilangan motivasi untuk melakukan Detox.
TUJUAN MELAKUKAN DETOX
Tujuan melakukan Detox pelangsing tubuh adalah untuk mengurangi beban dari system pencernaan, sehingga dapat bekerja lebih efisien, dan untuk menstimulasi organ2 tubuh yang tugasnya membersihkan dan menghilangkan racun.
Keberhasilan Detox sangat tergantung apa yang kita makan dan minum, tetapi keberhasilannya dapat ditingkatkan dengan terapi tubuh seperti massage untuk mempercepat pembuangan toxin dan terapi jiwa untuk membantu kita agar lebih relax dan mengurangi stress.
Detox program dengan mengatur pola makan yang sehat meningkatkan system pencernaan dan kekebalan tubuh, mengurangi eksposur kita terhadap toxin dan meningkatkan kinerja hati (liver) dan ginjal yang merupakan organ tubuh terpenting dalam Detox. Untuk mendapatkan manfaat Detox yang menyeluruh, kita juga harus “membersihkan” tidak hanya raga, tetapi juga jiwa kita. Hanya dengan mencapai keseimbangan ini kita benar benar dapat menikmati manfaatnya. Kesehatan yang menyeluruh meliputi sehat emosional, mental, spiritual dan fisik secara seimbang. Jika keseimbangan ini terganggu kita akan mudah sakit.

No comments:

Post a Comment